Kantor Pos Besar Medan, Saksi Bisu Peradaban Kota Medan

  • Bagikan
Kantor Pos Kota Medan
Gambar Tampak Depan Kantor Pos Medan
kantor-pos-medan-4
kantor-pos-medan-3
kantor-pos-medan

Medan Hari Ini – Tak Asing lagi bagi Warga Medan soal bangunan bersejarah ini. Kantor Pos Besar yang juga berada di kota ketiga terbesar di Indonesia tersebut.

Menjadi salah satu bangunan tua, Kantor Pos besar Medan ini menjadi saksi bisu terhadap peradaban dan sejarah yang terjadi di Kota Medan sedari era kolonial Belanda. Tak heran, Kantor Tua tersebut menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk bernostalgia atau juga mengenang Medan di Masa Lampau.

Kantor Pos Besar Medan terletak tepat di Sentral Kota Medan. Tepatnya di Lapangan Merdeka. Berikut Fakta Unik mengenai Bangunan bersejarah yang menjadi salah satu ikon kota medan.

Kantor Pos Besar Medan Didirikan Tahun 1911

Kantor Pos Medan
Gambar Kantor Pos Besar Medan Era 1911

Bangunan Kantor Pos Besar Medan dibangun pada era Kolonial Belanda di masa kepemimpinan Residen J.Ballot yang memiliki Kantor sekitar Lapangan Merdeka Medan. Begitu yang Disebut Medantourism.

Landmark tersebut telah berusia lebih dari Seabad. Berdiri sejak 1909 hingga 1911. Kita dapat melihatnya berdasarkan dari Ukiran yang berada di luar Gedung tersebut yang bertuliskan “ANNO 1911”. Ini merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda yang berarti “TAHUN 1911”.

Bangunan yang Bergaya Eropa

Kantor Pos Kota Medan
Gambar Tampak Depan Kantor Pos Medan

Sebagai Bangunan yang bersejarah, Kantor Pos ini begitu lekat dengan Tema Arsitektur Eropa. Bangunan seperti Kantor Pos Besar Medan tersebut Apabila di eropa dikenal dengan Arsitektur Modern Fungsional Atau biasa disebut dengan Art Deco Geometric.

Baca Juga : Paket All You Can Eat Ibis Manjakan Generasi Milennial

Arsitektur tersebut merupakan Jenis Arsitektur yang menjadi Generasi ketiga setelah arsitektur klasik pada Era 1910 dan juga Arsitektur Neo-Klasik atau biasa disebut dengan Art Deco Ornamental di Pra-1920.

Didirikan Atas Rancangan Arsitek Belanda

Perlu diketahui, Bangunan Bersejarah Tersebut berdasarkan tulisan dari akumassa.org, Bangunan ikonik kota Medan tersebut dibangun atas rancangan seorang Arsitek Belanda yang bernama Snuyf yang mana juga menjadi seorang petinggi Pekerjaan Umum Belanda di masa Kesultanan Deli.

Menjadi Ikon dan Cagar Budaya Kota Medan

Berdiri kokoh di jantung Kota Medan, Gedung Kantor Pos Besar Kota Medan menjadi salah satu dari banyak bangunan Heritage di kota Medan dengan Warna atau Nilai seni Arsitektur yang begitu menarik.

Bangunan bersejarah ini ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang tertulis di Undang-undang Nomor 10 Tahun 2010 dan juga di PERDA Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012. Gedung yang menjadi Saksi bisu peradaban Kota Medan ini menyimpan nilai sejarah dan juga menjadi Ikon Terbaik Kota Medan.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *