Advertisement

Martabak Manis dan Asal Usul Jajanan Pemikat Calon Mertua ini

Martabak Manis
Potret Martabk Manis Khas Bangka (Imgur)

Medan Hari Ini – Bagi Masyarakat Indonesia, Jajanan kuliner satu ini merupakan Primadona dan kerap menjadi oleh-oleh atau makanan yang dibawa saat berkunjung kerumah pacar. Martabak merupakan camilan manis dengan paduan rasa gurih dengan tekstur lembut dan juga memiliki isian dengan berbagai varian. Mulai dari Cokelat, Kacang tanah, Keju, ketan hitam, wijen dan masih banyak lagi.

Daya pikat jajanan satu ini merupakan senjata rahasia saat hendak mengadakan acara ataupun untuk menarik hati si calon mertua. Namun beberapa dari kita mungkin masih mempertanyakan asal usul dari makanan yang kerap membuat siapa saja tak bisa menolaknya.

Martabak Manis, Terang bulan, Kue Bangka atau apapun namanya, Kudapan manis satu ini awalnya ditemukan dan menjadi makanan khas Bangka yang mana berasal dari keturunan etnis Tionghoa. Awalnya makanan ini disebut dengan Hok Lo Pan atau kue nya orang Hok Lo.

Kue Hok Lo ini awalnya hanya ditabur dengan taburan wijen dan juga wijen yang di sangrai. Semakin berjalannya waktu, Hok Lo atau kue Terang Bulang ataupun Martabak manis ini mengalami perkembangan dengan variasi toping atau taburan isiannya. Banyak yang menyajikan Martabak manis ini dengan berbagai topping yang semakin menarik. Seperti menggunakan selai Blueberry, Oreo, Kit-kat, Buah Durian dan masih banyak lagi.

Berlanjut, Hok Lo semakin lama mulai populer hingga keluar kota Bangka sendiri dan dipanggil dengan nama Kue Terang Bulan. Dinamakan eperti itu sebab bentu bulat dari martabak yang berawarna kuning kecoklatan yang menyerupai bulan yang tengah benderang.

Kue Khas Bangka ini pun memiliki penamaan yang unik di setiap daerah. Di bangka sendiri kue ini disebut dengan Kue Hok Lo Pa, di Semarang disebut sebagai kue Bandung sebab dahulu tukang martabak di Semarang membuka gerainya di samping pedagang mi Bandung. Di Pontianak, Kudapan ini disebut dengan Apam Pinang hingga di medan sendiri biasa disebut dengan Martabak Bangka.

Selain di tanah air, Sempat beredar di Jagat maya dengan hadirnya Martabak di Malaysia. Disana ia disebut dengan Apam Balik yang mana hampir mendekati dengan sebutan dari Pontianak.

Perlu diketahui, Dalam proses pembuatan martabak sendiri tak memiliki teknik khusus, Akan tetapi terletak dari racikan adonan dengan takaran yang tepat demi menghasilkan Martabak yang Legit di dalam juga garing diluar.