Tips Diet Sehat yang Menarik Untuk Dicoba

Ilustrasi Makanan diet Sehat
Ilustrasi Makanan diet sehat (Freepik)

Berita Medan Terkini – Masing-masing orang memiliki alasan tersendiri dalam hal berdiet.Ada yang bertujuan untuk membentuk tubuh ideal, Adapula yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Beberapa lainnya menjadikan diet sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Selain daripada itu, banyak orang yang sulit untuk menemukan jenis metode yang cocok dan asyik untuk dijalani.

Berikut daftar diet yang direkomendasikan dikutip dari Cleveland Clinic melalui Lifestyle Kompas.

Diet Intermiten

Metode ini bermanfaat dalam mengurangi asupan kalori. Metode ini terbagi dalam beberapa metode yang berbeda, Salah satunya makan dalam jendela makan selama 8 jam dan kemudian berpuasa dalam 16 jam.

Mindful Eating

Metode ini cocok bagi Anda yang sering makan tanpa memperhatikan makanan yang Anda makan.

Dengan Mindful eating, Anda akan memperhatikan apa saja dan alasan Anda makan. Tujuannya untuk memperlambat dan menikmati makanan yang kita cerna dalam tubuh.

Intuitive Eating

Metode ini cocok bagi Anda yang ingin mengubah hubungan Anda dengan makanan. Mereka yang menerapkan cara ini percaya pada tubuh dan memperhatikan isyarat kenyang agar dapat menentukan jenis makanan dalam porsi yang tepat untuk dikonsumsi.

Dalam metode ini juga, tak ada jenis mkanan spesifik yang harus dihindari atau dibatasi.

Diet Whole 30

Metode ini mengharuskan kita untuk memakan makanan utuh dalam 30 hari. tak ada batasan kalori, hanya saja disarankan untuk membatasi asupan seperti gula, alkohol maupun susu dalam 30 hari.

Dengan begitu, Kita akan mengatur ulang tubuh sebelum mengenalkan kembali makanan tersebut secara perlahan.

Diet Dash

Diet ini cocok bagi yang mengidap hipertensi, Sebab dalam Metode ini sendiri Anda dituntut untuk mengurangi asupan natrium, yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah

Diet Atkins

Salah satu metode yang bertujuan mengurangi karbohidrat ini terbagi dalam beberapa fase yang berbeda yang menentukan asupan karbohidrat yang boleh dikonsumsi.

Diet Keto

Metode ini merupakan pola makan yang juga membatasi jumlah karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak. Metode ini bertujuan menjaga tubuh untuk memasuki fase ketosis, yang mana lemak dimanfaatkan sebagai bahan bakar.