Advertisement

Arab Saudi Akan Jadi Tuan Rumah Ajang MotoGP

Motogp Arab Saudi
Penandantangan MoU Antara Saudi Motorsport Company (SMC) dan Dorna Motorsport (Motorsport.com)

Berita Medan TerkiniĀ – Dengan diselesaikan penandantangan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Saudi Motorsport Company (SMC) dengan Dorna Sports, maka MotoGP resmi akan menjadikan Arab Saudi Tuan Rumah dalam Balap Motor paling bergengsi tersebut.

Dalam penandatanganan yang dilakukan oleh Pangeran Khalid bin Sultan Abdullah Al-Faisal yang merupakan Ketua Faderasi Otomotif & Sepeda Motor Saudi dan Saudi Motorsport Company (SMC) yang didampingi oleh Carmelo Eszpeleta yang menjabat sebagai CEO penyelenggara MotoGP, Dorna Motorsport.

Ditambahkannya Arab Saudi dalam Event MotoGP akan membuat ajang balapan tersebut berkembang ke wilayah Timur Tengah. Seperti yang diketahui, Qatar sebelumnya juga menjadi satu-satunya tuan rumah MotoGP di wilayah Timur Tengah.

Dengan langkah kemitraan antara SMC dan Dorna tersebut, Akan membentuk program pengembangan talenta baru bagi pebalap muda di negeri tersebut. Program Road to MotoGP ini nantinya akan memberikan peluang bagi para talenta muda berpotensi di Arab Saudi untuk bisa bersaing di kancah tertinggi olahraga otomotif tersebut.

Dikutip dari Oto.Detik melalui laman resmi MotoGP.com, Pangeran Khalid BIn Sultan Al Abdullah Al-Faisal menyebutkan bahwa ia sangat senang dengan kemitraan tersebut yang membawa Event bergengsi tersebut ke Negara mereka.

“Kami sangat senang untuk mengonfirmasi penandatanganan Nota Kesepahaman dengan DORNA hari ini yang jelas meneruskan tujuan bersama kami dalam membawa MotoGP ke Arab Saudi. Sangat Rasional untuk menambahkan yang terbesar di dunia seri balap motor ke dalam daftar event balap kelas dunia kami yang terus bertambah,” Tuturnya.

“Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Dorna untuk bisa merealisasikan komitmen bersama kami dalam membawa puncak balap motor ke Arab Saudi dan terus memberikan lebih banyak peluang dan juga inisiatif dalam memperkaya kehidupan seluruh masyarakat kita,” Pungkasnya.

Selain itu, Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sport juga mengatakan bahwa wilayah Timur Tengah merupakan pasar utama bagi Motorsport. Kurang lebih sekitar 80% penggemar motorsport di Arab Saudi pasti ingin menyaksikan balap kuda besi tersebut di negaranya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi berhasil menunjukkan potensinya dalam mementaskan acara olahraga otomotif global dengan standar tertinggi. Penandatanganan Nota Kesepahaman menngkodifikasikan niat bersama kami dalam mengeksplorasi peluang ini lebih lanjut. Kami percaya bahwa kami akan menemukan rumah baru yang menarik dan ramah di Kerajaan (Arab Saudi) dan kami menantikan kemitraan lebih lanjut dengan Saudi Motorsport Company untuk bisa mewujudkan ambisi bersama ini bersama-sama,” Kata Carmelo.