Apa Sih Fungsi Headset yang Biasa Dipakai Penyanyi Tiap Manggung?

  • Bagikan
Jimin BTS Saat Menggunakan In Ear Monitor
Jimin BTS Saat Menggunakan In Ear Monitor (AminoApps)
oliver-sykes-in-ear-min
coldplay-in-ear-min
monitor-engineer
foh-mixer

Medan Hari Ini – Mungkin Bagi sebagian orang penasaran atau sekedar ingin mengetahui sebuah headset/Earphone yang biasa digunakan setiap musisi atau juga penyanyi saat sedang Live Perform atau sedang manggung. Ya, Headset tersebut bisa disebut dengan In-Ear Monitor yang berfungsi sebagai “Monitor” audio sehingga apa yang didengarkan oleh Musisi dan penonton bisa saling sinkron.

Untuk Suara yang didengarkan adalah suara yang berasal dari Instrumen atau media musik yang dimainkan oleh Musisi tersebut. Entah itu suara dari vokalis atau pun Pemain musik itu sendiri. Sehingga terjadinya Distorsi atau Delay antara Musisi dan penonton.

Perlu diketahui, Dalam hal ini Penonton mungkin saja bisa  merasa mendengar suara atau musik tersebut secara jelas setiap bunyi dari instrumen ataupun vokal di depan panggung, Namun Berbeda dengan yang Musisi dengarkan saat diatas pangggung.

Biasanya, Dalam suatu Panggung konser yang besar (Dalam Jumlah ribuan orang) Terdapat 2 orang Mixer yang bertugas sebagai pendukung Sound Engineer seperti Mixer Monitor dan Mixer FOH (Front Of House).

Mixer FOH atau MOH engineer bertugas mengatur segala Jenis suara yang keluar dari speaker-speaker di samping dan juga dari bawah panggung.

Mixer FOH
Mixer FOH sedang Bertugas (TPIMagz)

Sedangkan Monitor Engineer sendiri bertugas untuk mengatur sejumlah jenis suara yang keluar melalui speaker monitor dan juga melalui in-ear monitor.

 

Engineer Monitor
Monitor Engineer Sedang Bertugas Mengatur Suara dari Atas Panggung (ProSoundNetwork)

Lalu, Fungsi lain digunakannya ear-in monitor adalah sebagai konsekuensi dari panggung yang terbilang besar, sehingga dibutuhkan Mobilitas monitor yang lebih fleksibel agar para musisi lebih memiliki ruang gerak yang lebih besar dan tak mulu mengacu di satu area saja. Pun dengan menggunakan In Ear Monitor sendiri, Diharapkan monitor engineer dapat lebih mudah memprediksi menentukan suara apa yang musisi dengarkan ketika bermain.

Sebelum adanya In Ear Monitor, Musisi biasanya menggunakan Speaker atau Amplifier yang terletak dilantai atau biasa disebut dengan Floor Monitor.  Akan tetapi penggunaan Speaker ini membahayakan bagi telinga, Mengingat intensitas frekuensi suara yang dihasilkan cukup besar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *