Arab Saudi Bakal Bangun ‘ Ka’bah Kedua’

Konsep dari Mukaab yang akan dibangun di Arab Saudi (The New Murabba Developtment Company)
Konsep dari Mukaab yang akan dibangun di Arab Saudi (The New Murabba Developtment Company)

Berita Medan – Mohammed Bin Salman sebagai Putra mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi mengumumkan rencana pembangunan ambisius terbaru mereka yang cukup mencengangkan jagat maya. Warganet juga menyebut hal ini sebagai salah satu tanda kiamat.

Pembangunan raksasa tersebut berupa kota modern yang berbentuk kubus yang disebut Mukaab.  Yang membuat pembangunan tersebut geger ialah karena bangunan yang menyerupai Ka’bah.

 

Dikutip dari detikInet melalui Middle East Eye pada Rabu (22 Februari 2023), Pembangunan ini nantinya akan menjadi pusat kota futuristik dan berada pada are seluas 19 kilometer persegi. Nantinya juga akan ada Mukaab yang jika diterjemahkan berarti kubus.

Mukaab direncanakan dapat terdiri dari 104 ribu unit hunian, 1,4 meter persegi ruang kantor, lebih dari 980 ribu meter persegi ruang ritel serta 9 ribu kamar hotel. Mukaab akan sangat besar untuk menampung 20 gedung sebesar Empire State yang ikonik di Amerika Serikat (AS).

Akan tetapi seperti yang sudah disebutkan, Mukaab menjadi nyinyiran para warganet. Ada yang menyebut meniru ka’bah, ada yang menyebut mirip dengan Star Wars, sampai menyebut sebagai salah satu tanda kiamat.