Sains  

Fenomena Langit di Hawaii Layaknya di FIlm Matrix

Potret Pancaran Laser aneh di langit Hawaii (© National Observatory of Japan)
Potret Pancaran Laser aneh di langit Hawaii (© National Observatory of Japan)

Berita Medan – Terbaru, Langit di Hawaii ditampakkan dengan fenomena aneh pada 28 januari lalu. Peristiwa langka tersebut menampilkan kejadian unik dimana langit tampak dihiasi oleh titik-titik cahaya berwarna hijau turun dari langit. Pemandangan tersebut mengingatkan pada latar film The Matrix yang begitu ikonik. Hal ini membuat penasaran banyak orang mengenai hal tersebut.

Pemandangan tak lazim tersebut disebabkan dengan kehadiran satelit NASA yang tengah melakukan observasi. Dikutip dari IFL Science melalui detikinet, Dalangnya ialah Ice, Cloud, and land Elevation Satellite-2 atau ICESat-2.

Pekerjaan sains yang dilakukan satelit ini cukup impresif. ICESat-2 dapat memancarkan 10 ribu laser per detiknya. Dengan estimasi 20 triliun foton meninggalkan pesawat ruang angkasa. Sekitar puluhan antaranya akan kembali, Tapi itu sudah cukup untuk mengukur ketinggian lapisan gletser, es, dan es laut dengan cukup detail.

ICESat-2 juga bisa mengukur ketinggian wilayah perkotaan, hutan, danau dan tabir awan. Dalam bagian di misi ini lah yang menjadi fokus laser yang terlihat di langit Maunakea, Hawaii. ICESat-2 menembakkan laser pada 532 nanometer, itu merupakan ujung berwarna biru pada bagian hijau dari cahaya yang terlihat.

Gambar maupun video yang ditangkap oleh Subaru-Asahi Star Camera di teleskop Subaru yang terletak di Maunakea, Keberadaan teleskop ini di puncak bukit dan pembangunan Thirty Meter Telescope yang tengah berlangsung sayang nya diterpa kontroversi.

Seperti polusi dari Observatorium, Tak becus dalam mengurus situs, Kegagalan dalam penonaktifan, hingga masalah hukum adalah beberapa isu yang terjadi berulang kali oleh penduduk asli Hawaii atas perkembangan yang dilakukan.