Berita  

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Muntahkan Awan Panas Ke Udara

Erupsi Gunung Semeru (Jakarta Post)
Erupsi Gunung Semeru (Jakarta Post)

Berita Medan – Lagi, Gunung Semeru kembali Erupsi dengan memuntahkan awan panas ke Udara. Warganet pun sontak beramai-ramai panjatkan doa melalui media sosial untuk keselamatan warga di sekitarnya.

Erupsi terjadi pada Minggu dini hari (4 Desember 2022) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1,5 km di puncak gunung dengan ketinggian 5.176 m diatas permukaan laut.

Awan Panas Guguran (APG) diketahui berlangsung selama berulang-ulang hingga pukul 06.00 WIB dengan jarak luncur hingga 7 km dari puncak menuju Besuk Kobokan ke penjuru selatan dan tenggara.

Dikutip melalui DetikInet, Terlihat melalui CCTV di Semeru, APG berlangsung sampai pukul 07.42 WIB seperti yang disampaikan oleh Abdul Muhari selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

“Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, Fenomena APG terus berlangsung hingga pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5 sampai 7 km. Saat siaran pers ini dibuat, Fenomena APG di Gunung Api semeru masih teus berlanjut,” Jelas Abdul Muhari.

Warga yang berada di desa di Kabupaten Lumajang pun dievakuasi untuk sementara waktu pada titik kumpul yang sudah di tentukan. 2 desa tersebut adalah Desa Sumber Wuluh, Candipuro dan Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

Atas berita tersebut, Netizen lantas panjatkan doa untuk warga sekitar kiranya dapat selamat. Belum lagi erupsi yang terjadi tersebut bertepatan dengan erupsi Gunung Semeru yang juga terjadi pada Desember tahun lalu.

“Ya tuhaaan belum lama kejadian cianjur ini udh disusul semeru, semoga yg disana baik2 aja,” cuit @RGitranaila.

“Gempa Cianjur…gempa Garut…skrg erupsi gunung Semeru Ibarat tali ujungnya di goyang mk ujung lainnya ikutan bergoyang,” ucap @sensus_888.

“Btw erupsi Semeru udah terlihat sejak hari jum’at…stay safe rek🙏” tulis @tajirxmelintir.

“Ternyata erupsi gunung tersebut bertepatan dengan 1 tahun erupsi gunung Semeru, Stay safe and stay strong masyarakat di sekitar gunung Semeru🙏,” unggah @hafizraihan7384.

“Taun kemarin semeru juga erupsi di tgl 4 setaun berlalu erupsi lagi, mandali gusti 🙏” cuit @mfashsidiiq.

“Gempa Cianjur, gempa garut sekarang Gn. Semeru erupsi, udah ya cukuuup,” tulis @TenangkalemLer.