Advertisement
Budaya  

Kebaya Hendak dikalim Negara Tetangga, Netizen Indonesia Kesal Sendiri

Potret Kebaya yang Menjadi Ikon Asia (AirAsia)
Potret Kebaya yang Menjadi Ikon Asia (AirAsia)

Berita Medan Terkini – Negeri Jiran seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam hingga Thailand akan mendaftarkan kebaya ke UNESCO. Netizen Indonesia jadi kesal sendiri.

Akan tetapi demikianlah realitanya, Neger-negeri jiran tersebut akan menjadikan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO. Indonesia sampai sekarang ini tak menjadi bagian dari gerakan tersebut.

Dewan Warisan Nasional Singapura menuturkan bahwa ini menjadi pengajuan nominasi multinasional pertama, Tapi malah Indonesia tak diajak.

Dikutip dari detikINET, Terpantau hashtag #kebaya menjadi trending topic dengan 7.933 cuitan.

Netizen Indonesia tak rela jika kebaya diklaim negara tetangga. Ada yang menyalahkan sesama anak bangsa yang tak menghargai baju sendiri, yang akhirnya malah diklaim negara lain.

Berikut cuitan-cuitan Netizen Indonesia mengenai kebaya di Twitter :

“Indonesia maunya jadiin kebaya punya Indonesia seorang. Yaudah gone,” cuit @derangedta***.

“Singapore itu sudah berkebaya dari dulu spt orang melayu di kawasan. Saat mau daftar, Indonesia mau sendiri tp lelet. yg bilang kebaya bukan gaya singaporean banyak baca agar jgn tolol,” sindir @Josep582***.

“Masyarakatnya lebih suka pke cadar, karena kebaya pakaian kafir,” satir @Rivanda***.

“Kebaya sih menurut saya adalah hasil akulturasi budaya…Di Singapore, Malaysia dan Indonesia Kebaya Encim dah dipakai sejak dahulu kala…🥰🥰🥰,” ucap @udit***.