Minyak Zaitun dan Khasiat Ajaibnya dalam Masakan

Khasiat Minyak Zaitun
Minyak Zaitun (Faktualnews)

Medan Hari ini  – Minyak Zaitun merupakan minyak yang cukup populer oleh karena khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan yang baik bagi tubuh mulai dari rambut hingga kaki sekalipun.

Minyak ini menjadi salah satu opsi dalam tambahan makanan yang memiliki kandungan yang kaya akan lemak sehat serta mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Apabila Anda ingin menjadi lebih sehat tanpa menghilangkan lemak sehat dalam diet, Anda dapat memilih minyak zaitun ke dalam masakan Anda. Berikut ulasan mengenai segudang khasiat dari Minyak Zaitun dikutip melalui Lifestyle Kompas:

1. Menurunkan Tensi atau Tekanan Darah

Sekitar 45 % populasi orang dewasa di Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi yang mana ini beresiko terhadap serangan jantung dan stroke.

Namun, Dengan menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam makanan, Ini akan membantu dalam mengurangi dan mencegah resiko tersebut.

Dalam sebuah studi pada tahun 2020 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients ditemukan bahwa dalam sekelompok 50 peserta studi orang dewasa, Mereka mengonsumsi sekitar 4 sendok makan minyak zaitun extra virgin polifenol tinggi per hari secara signifikan terbukti mengurangi tekanan darah sistolik perifer dan pusat mereka

2. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Perlu diketahui bahwa Minyak dari Ekstrak buah yang bernama latin Olea europaea ini memeiliki sejumlah manfaat utama bagi kesehatan jantung.

Melalui sebuah studi pada tahun 2020 yang dirilis didalam jurnal Circulation, Individu yang menggunakan lebih dari setengah sendok minyak zaitun setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 21 persen dan resiko dari berbagai penyakit jantung sebesar 15 persen.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology juga mengungkap bahwa didalam sekelompok 7.625 orang berusia 65 atau lebih yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur terbukti memiliki resiko stroke 41 persen jauh lebih rendah.

3. Dapat Mengurangi Peradangan

Minyak Zaitun dikenal memiliki manfaat dalam mencegah peradangan seperti nyeri sendi maupun peradangan arteri yang disebabkan plak. Konsumsi minyak zaitun secara rutin jika Anda mengalami peradangan.

Dalam sebuah tinjauan tahun 2018 yang dirilis dalam jurnal Endorine, Metabolic & Immune Disorders – Drug Targets mengungkap bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitur extra virgin dapat mengurangi biomarker inflamasi yang berhubungan dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan pengerasan arteri yang disebabkan penumpukan plak.

Ada lagi, Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Nature mengungkap bahwa minyak zaitun extra virgin mempunyai sifat antiinflamasi yang serupa dengan ibuprofen karena kaya akan oleocanthal ata senyawa fenolik.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Jika Anda ingin tetap menjaga ketajaman orak seiring bertambahnya usia, Maka dengan menambahkan sedikit minyak zaitun menjadi solusinya.

Menurut sebuah penelitian yang dirilis dalam JAMA Internal Medicine mengungkap bahwa dalam sekelompok orang dewasa yang sehat dalam usia rata-rata 66,9  tahun yang mengonsumsi minyak zaitun extra zaitun virgin lebih cenderung menunjukkan peningkatan pada kognisi.

Peningkatan kognisi ini mencakup memori dan kognisi global, Serta dapat meningkatkan kekuatan otak pada orang lanjut usia.

5. Mengurangi Kecemasan

Orang yang dalam kecemasan mungkin dapat memilih opsi dengan menambahkan lebih banyak minyak zaitun ke dalam makanan harian mereka.

Dalam sebuah stdui tahun 2021 yang dipublikasi dalam jurnal Clinical Nutrition mengungkap bahwa dalam sekelompok orang dewasa dengan obesitas akut yang mengonsumsi minyak zaitun dalam masa 12 minggu secara signifikan terbukti mengurangi depresi dan juga kecemasan.