Berita  

iPadOS 16 Di Tunda Karena Hal ini

iPadOS 16

Medan Hari Ini – Walaupun iPadOS kini menjadi sistem operasi yang tak sama lagi dengan iOS, dirilisnya kedua OS tersebut biasanya akan berbarengan. Kali ini berbeda karena untuk iPadOS 16 perilisannya akan ditunda.

Adalah Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengatakan bahwa Apple baru akan mengumumkan dirilisnya iPadOS 16 sekitar 1 bulan mendatang usai iOS16 dirilis. Maka dari itu, Apabila iOS 16 dirilis pada September ini, Maka iPadOS 16 (Versi penuh) akan bisa diunduh massal pada Oktober, Dikutip melalui Detiknet.

Penyebab utama ditundanya perilisan ini adalah karena adanya fitur Stage Manager di iPadOS 16 ini ternyata memerlukan waktu yang lebih lama dalam masa pengembangannya. Selama masa beta saat OS ini diuji, para developer mengeluhkan fitur ini yang menimbulkan banyak kendala dan juga membingungkan.

Ada lagi masalah kompatibilitas, Dimana Stage Manager ini hanya tersedia untuk iPad yang menggunakan SoC M1, bukan SoC seri A yang masih dipakai kebanyakan di iPad pasaran.

Ditundanya iPadOS 1t6 ini jua berdampak dengan berdektannya dengan rilisnya iPad baru, yang biasa terjadi di bulan Oktober. Sejumlah iPad baru tersebut diprediksikan adalah iPad Pro dengan chip M2, dan ada juga iPad versi murah dengan dilengkapi por USB-C.

Saat ini pihak Apple sendiri masih bungkanm mengenai ditundanya iPadOS 16 tersebut, Walaupun sebelumnya mereka juga pernah menuturkan bahwa ada beerapa fitur yang ada pada sistem operasi tersebut. Sama seperti di iOS 16, Malah tak akan tersedia pada awal dirilis.

Jadi akan terdapat 3 kemungkinan. iPadOS 16 akan benar-benar ditunda untuk dirilis, atau iPadOS 16 akan dirilis sesuai jadwal, Namun tanpa fitur Stage Manager pada versi awalnya

Kini, iPadOs 16 maupun iOS 16 sudah tersedia dalam versi beta, Jika Anda tak sabar untuk merasakan OS baru tersebut sudah dapat diunduh dan diinstall.

Sudah pasti dengan resiko yang pengguna tanggung sendiri, Sebab seperti yang dikethui OS tersebut masih dalam tahap beta atau berarti masih ada beberapa masalah yang tersimpan. Akan tetapi OS versi public beta dari Apple masih tergolong stabil, Akan tetapi disarankan melakukan backup data perangkat terlebih dahulu dalam melakukan pembaruan.