Advertisement
Berita  

Jemaah Haji Indonesia Masih Bandel, Simpan Air Zamzam di Koper

Ilustrasi Koper Jemaah Haji Indonesia
Koper Jemaah haji Indonesia (OkeZone Haji)

Medan Hari Ini – Petugas logistik Bandara Jeddah, Arab Saudi Lagi-lagi menemukan koper jemaah haji Indonesia yang mana menjadi milik jemaah embarkasi Solo kloter 4 yang mana didalamnya berisi air zamzam.

Petugas logistik bandar di Jeddah sebelumnya padahal sudah membongkar puluhan koper milik jemaah haji Indonesia yang notabene berisi botol air zamzam.

Kini jumlah koper yang kedapatan berisi air zamzam yang terbilang tak sedikit, Sekitar ratusan koper. Malah dari 350 koper yang telah diperiksa, ada sekitar 297 koper yang didalamnya terdapat air zamzam.

Artinya hanya 63 jemaah saja yang mengikuti peraturan untuk tidak membawa air zamzam.

Kepala Seksi Pelayanan Pemulangan Jemaah, Edayanti Dasril menghimbau, larangan membawa air zamzam bukan sekedar imbauan, tapi aturan yang Wajib untuk dijalankan.

“Ini autran tak boleh ada air zamzam dalam koper murni karena safety regulation. Ini bukan imbauan, tapi melaksanakan ketentuan dari otoritas penerbangan sipil Arab Saudi,” Tutur Edayanti, Dikutip melalui Tribun Medan pada Kamis (14 Juli 2022) malam.

Akibat hal ini, ratusan koper milik jemaah dari embarkasi Solo kloter 4 tersebut ditolak oleh pihak Bandara Jeddah.

semuanya dikembalikan ke hotel Mekkah, untuk dibongkar kembali oleh jemaah itu sendiri.

Banyaknya air zamzam yang dibawa oleh jemaah haji indonesia sendiri terbilang Ekstrim. Malah ada satu koper yang isinya air zamzam semua. Dikarenakan banyaknya koper yang ditolak, diperlukan 2 truk untuk mengembalikan koper tersebut ke hotel jemaah yang ada di Mekkah.

Edayanti khawatir apabila terjadi terus menerus pembongkaran yang mana akan berpengaruh ke jadwal terbang jemaah yang semakin mundur.

“Tapi harapan kami tak sampai begitu, Sebab kami sudah hitung, Tas harus sudah sampai Bandara 12 jam sebelum jadwal terbang ke Tanah Air,” tutur Edayanti.

Disisi lain, Jemaah dari embarkasi Solo yaitu jemaah pertama yang pulang ke Tanah Air.

Terbang dari Bandara Jeddah pada Jumat (15 Juli 2022) pukul 05.00 Waktu Arab Saudi,Mereka sendiri dijadwalkan mendarat di Bandara Soemarmo Solo pada pukul 22.00 WIB.