Kata Kunci Paling Populer di Pencarian Google

  • Bagikan
10 Kata Kunci Google Paling Populer
Tampilan Depan Google (Istimewa-Medanhariini.com)

Medan Hari Ini – Google merupakan Layanan Mesin Pencari berdasarkan kata kunci atau biasa disebut dengan Search Engine yang sangat populer. Oleh karena itu tak heran jika Google menjadi sebuah ensiklopedia modern saat ini. Anda dapat informasi apa saja di situs ini. Mulai dari tutorial hingga informasi umum lainnya.

Google sendiri biasanya akan mengumumkan Keyword atau kata kunci hingga topik yang begitu ramai diperbincangkan atau dicari oleh pengguna melalui Search Engine tersebut dalam setahun. Event atau tradisi ini biasa disebut dengan “Year in Search” dan dibuat oleh Google menurut tren yang muncul dalam setahun tersebut di seluruh dunia, Tak terkecuali di Indonesia sekalipun.

Menurut Feliciana Wienthan selaku Communication Manager Google Indonesia, Ia menyatakan bahwa masyarakat di Indonesia saat ini sedang mencari solusi dalam menghadapi masa pandemi dan juga beradaptasi serta bertahan dalam masa sulit tersebut.

Feliciana menuturkan bahwa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, Masyarakat Indonesia masih mencari kata kunci atau topik yang berkaitan dengan langkah untuk menghadap tantangan yang didampak oleh Covid-19.

“Pada Tahun 2021, Kami memandang bahwa masyarakat Indonesia sedang mencari langkah menuju pemulihan. Akan tetapi masih menunjukkan seberapa Survive  dan mampu beradaptasinya masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia juga kian hari bersemangat untuk bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh,” Pungkas Feliciana.

Year in Search 2021 memberikan 9 kategori dalam pencarian kategori, hingga pencarian yang amat populer di Indonesia. Kendatipun, Berikut Kategori dalam daftar pencarian paling populer di Google dan menjadi tren di sepanjang tahun atau biasa disebut dengan “Overall Trending”.

Pada tahun 2021 ini, Daftar topik yang mendominasi adalah yang berkaitan dengan pandemi dan Covid-19 seperti “Pencegahan Covid-19”, “Vaksin Covid-19“, “PPKM Diperpanjang”, hingga “Peduli Lindungi”.

Walaupun pandemi sudah berjalan sejak 2020 dan sudah menjadi kata kunci yang paling banyak dicari diwaktu itu, Feliciana juga menuturkan bahwa pandemi Covid-19 masih relevan hingga saat ini.

Adanya Aplikasi PeduliLindungi, Menjadikan rasa ingin tahu masyarakat Indonesia semakin kuat, Sehingga tak heran jika banyak yang mencari inforasi tersebut ke pencarian Google untuk mengetahui secara pasti mengenai aplikasi tersebut.

“Banya Masyarakat yang ingin tahu apa sebenarnya aplikasi PeduliLindungi tersebut, Cara mengunduh Aplikasi tersebut, hingga melihat sertifikat vaksin dan berbagai hal lainnya,” Tutur Feliciana.

Beberapa topik lainnya yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia selama tahun 2021 ini adalah mengenai dunia kerja seperti Lowongan Kerja, Bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan dan berbagai macam lainnya. Ini menjadi Tren yang juga mewakilkan kata pencarian seperti “BPJS Ketenagakerjaan” hingga “Prakerja.go.id”.

Adapun tajuk yang berkaitan dengan dunia olahraga yang juga menjadi Trend di pencarian google seperti “Piala Euro” hingga “Olimpiade Tokyo”. Serta tak ketinggalan juga yang sempat ramai diperbincangkan yaitu restoran Junk Food yang berkolaborasi dengan Grup Idol asal Korea, BTS. Yaitu menu dari McDonald’s, “BTS Meal“.

10 Kata Kunci Paling Populer di Google Indonesia

Berikut adalah 10 Kata Kunci yang menjadi Data Year in Search 2021 yang diperoleh dari Google mulai dari awal tahun hingga akhir tahun.

  1. Piala Euro
  2. BTS Meal
  3. Olimpiade Tokyo
  4. Pencegahan COVID-19
  5. Vaksin COVID-19
  6. Peduli Lindungi
  7. PPKM Diperpanjang
  8. Prakerja.go.id
  9. BPJS Ketenagakerjaan
  10. Google Translate

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *