Apple Umumkan Macbook Pro 2021, Desain dan Fitur Terbaru yang Memorable

  • Bagikan
Macbook Pro M1
Tampilan Terbaru desain Macbook Pro M1 Pro 14 Inci dan Macbook Pro M1 Max 16 inci (Apple.com)

Medan Hari Ini – Melalui Event Terbaru Apple yang bertajuk “Unleashed” tersebut, Apple resmi umumkan Macbook Pro 2021 beserta deretan Produk terbarunya. Event tersebut berlangsung pada Selasa (19 Oktober 2021) tengah malam pukul 00:00 WIB. Kendatipun Apple mengumumkan sejumlah produk terbarunya, Macbook Pro menjadi daya tarik tersendiri dalam acara spesial dari Apple tersebut.

Berikut Fitur dan Spesifikasi terbaru dari lini Macbook Pro 2021.

Macbook Pro Dibagi menjadi 2 Varian Model

Macbook pro m1
Perbandingan dari 2 Varian Macbook Pro 2021 (Apple.com)

Kini Macbook Pro sendiri dibagi menjadi 2 varian model dari segi ukuran display. Adapun yang berukuran 14 inci dan juga 16 Inci. Laptop anyar dari Apple tersebut menawarkan Display yang mengusung Liquid Retina XDR yang sudah menggunakan teknologi yang diterapkan juga di iPad Pro. Dengan Refresh rate layar mencapai 120 Hz, dengan dilengkapi teknologi ProMotion yang digadang bisa lebih menghemat energi sehingga lebih awer dalam urusan pemakaian baterai.

Adapun Macbook tersebut sudah disematkan sistem operasi macOS Monterey yang dirancang dengan mengutamakan performa dan utilitas. Dengan desain Thermal-nya tersebut, Macbook tersebut masih tetap stabil dengan suhu yang selalu sejuk dan dengan kipas yang senyap.

Untuk bobot Macbook dengan varian layar 14 inci, bisa mencapai 1,5 kilogram dengan ketebalan bodi 15,5 milimeter. Untuk varian Macbook Pro 16 inci bisa mencapai 2,1 kilogram dengan ketebalan 16.8 milimeter. Kemudian pada layar Macbook sendiri, terlihat ada Notch atau poni dengna bezel bagian samping yang menjadi lebih tipis 24 persen, sedangkan untuk bezel atas sendiri sudah dipangkas menjadi lebih tipis.

Dipersenjatai Chip Terbaru Apple

M1 Chip
Pengenalan M1 Chip Pro dan M1 Chip Max (Apple.com)

Untuk varian Macbook Pro terkini, Keduanya memiliki jeroan yang terbaru pula dengan nama M1 Pro dan M2 Max. M1 Pro sendiri memberikan kinerja CPU yang mencapai 70 persen lebih cepat dibandingkan dengan chip M1 sebelumnya. Dibarengi dengan kinerja GPU yang hampir 2 kali lipat lebih ngebut. Chip ini juga mampu bekerja dengan bandwith memori hingga 200 GB per detik.

Sebagai Notebook Mac yang terkuat di dunia, Kedua varian tersebut  sangat memungkinkan untuk dapat peningkatan dari segi performa di berbagai aplikasi seperti Adobe Premiere Pro, Xcode, Logic Pro dan masih banyak lagi. Tak dipungkiri jika pekerja kreatif dan developer memberikan respon yang sangat baik terhadap M1 Pro dan juga M1 Max.

Ini membuat tahap editing yang sebelumnya mustahil kini menjadi mungkin dan mudah. Maka ini merupakan Notebook yang memiliki performa yang gahar bagi para kreator dan juga Developer.

Menghadirkan Port dan Pengisi Daya Magsafe yang Memorable

Pengisi daya Magsafe
Kembalinya Pengisi Daya Ikonik dari Macbook, Magsafe 3 (Apple.com)

Dalam produk Apple sendiri, Konektivitas merupakan salah satu elemen penting. Kabar baiknya, Macbook varian terbaru ini menghadirkan kembali Port HDMI, Slot kartu SDXC, Headphone Jack dan 3 port Thunderbolt, Tak ketinggalan Pengisi daya ikonik dari pendahulunya, Magsafe. Konektor Magsafe 3 ini juga diklaim dapat mengisi daya lebih banyak dan cepat kedalam sistem.

Lagi, Pengguna M1 Pro sendiri dapat terkoneksi dengan 2 layar Pro Display XDR. Sedangkan pada pengguna M1 Max dapat menggunakan 3 Pro Display XDR dan TV 4K di saat yang sama.

Touchbar yang Hilang, Selamat Datang Kembali Tombol Fisik

Keyboard Macbook Pro 2021
Kembalinya Tombol Fisik Fungsi dengan hilangnya Touchbar (Apple.com)

Hilangnya Touchbar, kini kembali dihadirkan dengan tombol fisik dan tombol “Escape” yang lebih lebar. Dengan begitu Apple memberikan nuansa Reuni dengan memberikan tombol keyboard dengan rasa taktil dan juga masih dilengkapi dengan Trackpad Force Touch-nya yang Khas.

Baterai yang Awet

Penggunaan Baterai Macbook Pro 2021
Penggunaan Baterai yang mencapai 21 Jam dari Macbook Pro 2021 (Apple.com)

Bagi orang yang kerap berpergian atau membawa laptopnya saat bekerja di tempat umum seperti kafe, kantor, dan semacamnya, Daya tahan baterai merupakan hal yang penting. Dengan demikian, Apple menawarkan pula dengan daya tahan baterai yang awer. Sekalipun kabel Charger dicabut,, perform Notebook tersebut tak akan menurun pula.

Untuk varian 14 inci sendiri mampu bertahan selama 17 jam saat menonton video, sedangkan pada varian Pro Max mampu bertahan selama 21 jam dalam hal yang sama. ini menjadi salah satu pembeda bagi Macbook Pro dengan notebook Rival.

Kualitas Kamera dan Perangkat Audio yang Gahar

Audio Visual Macbook Pro M1 2021
Tampilan Aplikasi Logic Pro dan Final Cut Pro (Apple.com)

Dalam sejarah Notebook Macbook Pro, ini merupakan produk mereka yang bisa dikatakan paling apik. Sebab, Macbook Pro ini sudah dilengkapi dengan kamera FaceTime HD 1080p. Maka dengan begitu resolusi yang ditawarkan juga semakin tajam dan natural.

Untuk urusan Audio, Mikrofon sekelas studio tersebut memungkinkan peningkatan pada panggilan dan perekaman suara yang lebih jernih. Sistem audio tersebut dibagi menjadi enam speaker yang juga sudah mendukung Spatial Audio yang mana memungkinkan penggunaya medengar suara yang dihasilkan dalam bentuk 3 dimensi.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *