Facebook, WhatsApp dan Instagram Tumbang Berjamaah

  • Bagikan
Facebook, Instagram dan Whatsapp yang tumbang berjamaah
Potret WhatsApp, Instagram dan Facebook yang sempat Tumbang Berjamaah (Tekno Kompas)

Medan Hari Ini – Warganet mengeluh di sosial media akibat tumbang nya Whatsapp, beserta Facebook dan juga Instagram yang sempat Down berjamaah. Ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di berbagai negara.

Dilansir dari Downdetector pada Senin (04 Oktober 2021), Facebook, Instagram beserta Whatsapp tumbang disebabkan mengalami sejumlah kendala. Ribuan laporan komplain juga sudah diterima oleh situs tersebut.

Koneksi ke server merupakan kendala yang paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp Down sendiri. Kemudian mereka juga akui tak bisa menerima pesan. Kemudian, banyak juga pengguna Instagram yang tak dapat update news feed mereka. Malah sebagian yang lainnya akui tak dapat login.

Hashtag #InstagramDown dan #WhatsApp ikut meramaikan jagat Twitter yang kerap dipakai warganet untuk bisa berkeluh kesah apabila ada layanan medsos yang mengalami masalah.

Kendatipun, Baik Facebook, Instagram maupun whatsApp masih belum memberi secara jelas alasan pasti mengapa mereka alami tumbang berjamaah. Akan tetapi menurut Divisi Analisis Internet Cisco Thousand Eyes sebut melalui cuitannya, Hal ini disebabkan Domain Name System (DNS) yang gagal.

DNS sendiri bertugas sebagai penerjemah nama situs web menjadi alamat IP yang nantinya akan dibaca komputer. Atau dapat dikatakan sebagai buku telepon Internet.

Kemudian, Ada lagi Doug Madory selaku direktur analisis internet di perusahaan pemantauan jaringan Kentik sebut masalah ini kemungkinan terjadi akibat hilangnya konektivitas internet pada saat mereka tengah memperbarui konfigurasi jaringan mereka. Ini juga pernah terjadi pada Juni di Fastly, Sebuah perusahaan komputasi cloud Amerika Serikat. Mereka juga pernah alami pemadaman internet global selama 50 menit.

“Saya belum tahu jika saya pernah melihat pemadaman seperti ini sebelumnya dari salah satu perusahaan internet besar,” Tuturnya pada Selasa (05 Oktober 2021). Ia juga menyatakan bahwa gangguan semcam ini yang berdampak pada perusahaan dengan nama sebesar Facebook bahkan berlangsung hingga lebih dari 3 jam, ini menandakan bahwa tak ada perbaikan cepat yang dilakukan dalam menyelesaikan kendala tersebut.

Insinyur utama di Perusahaan Keamanan digital, Netscout Roland Dobbins sebut Facebook bisa saja butuh waktu untuk memulihkan layanan mereka secara bertahap. Maka dari itu, ia meminta perusahaan untuk segera memberikan informasi kepada pengguna di seluruh dunia akan masalah ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *