Indeks

Akhirnya Sumut Miliki 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

SPKLU Kedua di Medan
Mobil yang sedang mengisi ulang daya listrik (TribunMedan)

Medan Hari Ini –  Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau disingkat dengan SPKLU kini dihadirkan PLN Unit Induk Wilayarh (UIW) Sumut di City View Polonia, Kota Medan. Dan ini merupakan SPKLU yang kedua yang ada di Sumut.

SPKLU sendiri merupakan sebuah bentuk kampanye dalam penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dalam langkah mendorong pengurangan emisi BBM dan juga meningkatkan ketahanan energi di Indonesia, Terkhusus di Sumut.

Diresmikan SPKLU yang kedua di Sumut ini diprakarsai oleh Pandapotan Manurung selaku General Menager PLN UIW Sumut. Ia melakukan pengguntingan pita secara simbolis yang didampingi oleh Senior Manager Niaga dan Manager Pelanggan, Chairuddin, Manager UP3 Medan, Hariadi Fitrianto dan juga jajaran manajemen PLN UIW Sumut.

“Harapan kami ialah semakin banyaknya kehadiran SPKLU ini di Sumut dan mampu mendukung serta mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik serta mampu mendukung pengusaha penyedia kendaraan Listrik,” tutur Manurung.

Ia menerangkan bahwa sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang ketanagakelistrikan PLN akan terus bergerak dan memberikan dukungan dalam memperluas kendaraan listrik di Medan sebagai kota Metropolitan ketiga di Indonesia.

“Proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Grand Strategi Nasional pada 2030 jumlah mobil listrik akan ditargetkan dikisaran 2 juta unit dan motor listrik sekitar 13 juta unit,” terangnya.

Hadirnya Fasilitas Fast Charging

SKLU yang dijalankan saat ini memiliki fitur fast charging, sehingga pengguna dapat melakukan pengisian daya kendaraan listrik yang relatif lebih cepat. Sebagai gambaran untuk pengisian daya mobil listrik kini hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam untuk bisa memperoleh kapasitas 100 persen.

Manurung lantas menjelaskan bahwa Pengguna SPKLU juga dapat melakukan pengisian tersebut malalui aplikasi PLN Mobile yang juga telah terintegrasi di aplikasi Charge.in.

“Kini sudah ada 2 unit SPKLU yang sudah berjalan di Kota Medan dan juga sekitarnya. Selanjutnya kami juga akan dirikan SPKLU lainnya di sekitar objek wisata maupun lokasi strategis lainnya,” Terangnya. Jelas ini akan menjadi langkah baik dalam masa depan kendaraan dan lingkungan di kota Medan.

 

 

Exit mobile version