Sumut  

Perumnas Simalingkar – Sebuah Kota di Sudut Kota Medan

Perumnas Simalingkar - Sebuah Kota di Sudut Kota Medan
Potret Perumnas Simalingkar Medan - Youtube Masbro Tutorial Official,

Jelajah Medan – Perumnas Simalingkar merupakan sebuah komplek atau perumahan nasional yang terletak di sudut Kota Medan, Tepatnya di Perlintasan jalan Jamin Ginting, Medan, Tepat nya berada di Kelurahan Mangga,Kecamatan Medan Tuntungan. Perumnas Simalingkar terbagi menjadi 2, Yaitu Simalingkar A dan Simalingkar B.

Perumnas Simalingkar memiliki luas sekitar 151 hektar, Dengan Penduduk yang berjumlah sekitar 22.794 dengan total hunian 7.425 rumah. Hal yang dianggap begitu luas sehingga kadang menjadi guyonan yang kadang dianggap sebagai layaknya kota.

Nama “Simalingkar” sendiri Konon diambil dari kata yang dicakup dari bahasa karo yang bermakna “Si (yang) Melingkar, yang diperluas menjadi Sungai yang melingkar. Karena komplek ini sendiri dilingkari oleh aliran sungai babura yang mengelilingi Perumnas Simalingkar.

Perumahan ini memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari Puskesmas yang terdiri di setiap sektor/wilayah, Seperti Puskesmas pusat Simalingkar yang berada di Jln.Bawang Raya No.37, Disertai sejumlah puskesmas pembantu di daerah lainnya.

Ada pula Sekolah yang tersedia di sejumlah wilayah, Mulai dari Sekolah Negeri hingga Swasta. Seperti contohnya SD Negeri 068003 yang berada di Jalan Jl.jahe X, SD Negeri 068006 di jalan Jl. Lada Raya dan masih banyak lainnya SD Negeri lainnya. Ada juga sekolah Swasta yang tak kalah populer seperti Yayasan Pendidikan Keluarga Amal Shaleh (YPIKAS), dan masih banyak lagi.

Medan Zoo – Kebun Binatang Kota Medan

Medan Zoo
Potret Depan Medan Zoo – Tempo

Belum lagi, Sebelumnya Pusat Kebun Binatang Kota Medan, Medan Zoo ini terletak di Perumnas Simalingkar lho. Medan Zoo berlokasi di Perumnas Simalingkar B. Sayang, Kini Medan Zoo sudah dikosongkan akibat satwa didalamnya tak terurus dan banyak dalam kondisi memperihatinkan karena kurangnya ahli yang dapat mengurus satwa-satwa tersebut. Akibatnya, Walikota Medan, Bobby Nasution memutuskan untuk menutup sementara pada Januari 2024 lalu.

Pajak Jahe – Pusat Monza Favorit Masyarakat Medan

Pajak Simalingkar Medan
Pasar Jahe Simalingkar – Homecare

Lanjut, Terdapat salah satu pasar pekan yang bernama Pajak (Pasar) Jahe. Yang menjadi favorit masyarakat kota di medan soal pasar ini adalah dengan Monza nya yang terkenal atau Thrifting dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dengan yang ada di Pasar Melati. Pasar ini sendiri berlokasi di jalan Jahe Raya, Perumnas Simalingkar.