Indeks

Hyundai Bakal Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Hyundai Manufcturing Indonesia (Anon)
Hyundai Manufcturing Indonesia (Anon)

Berita Medan – Perusahaan Mobil asal Korea Selatan, Hyundai bakal bangun pabrik baterai di Indonesia pada produk yang disebut Battery Pack untuk Battery Electric Vehicles(BEV) yang berfungis memasok baterai di kawasan ASEAN. Pabrik ini nanti akan dalam naungan Hyundai Energy Indonesia.

Pembangunan Hyundai Energy Indonesia rencananya akan mulai pada semester awal di tahun 2023. Hyundai Motor Group nantinya juga akan mulai memproduksi battery pack secara massal di semester kedua pada tahun 2024.

Dalam keterangan resminya, Pabrik tersebut akan memproduksi battery pack dan juga sistem yang dioptimalkan untuk kendaraan BEV. Sel baterai juga akan diproduksi secara lokal dan nantinya akan dipasok ke model-model BEV yang diproduksi di Indonesia.

Hadirnya Hyundai Energy Indonesia untuk kedepannya akan semakin melengkapi ekosistem elektrifikasi Hyundai Motor Group di Indonesia, serta pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang telah memproduksi BEV dan juga pabrik sel baterai yang akan menyusul yang merupakan hasil kolaborasi dengan LG Energy Solution.Ltd.

Lalu, Bebas pajak ekspor untuk BEV yang diproduksi ke ASEAN akan semakin memungkin kan dan dapat mencapai tingkat lokalisasi di Indonesia, melihat pabrik battery pack dan sel baterai mulai berjalan pada 2024.

Selain itu, hal tersebut nantinya juga akan memungkinkan untuk dapat memperluas pasokan kendaraan listrik Indonesia.

Ini juga mendukung pada saat kendaraan listrik buatan lokal yang akan dilengkapi dengan sel baterai dan battery pack yang diproduksi secara lokal, maka dengan begitu pajak barang mewah HEV atau Hybrid Electric Vehicle akan meningkat dari 6% menjadi 10% yang diharapkan semakin meningkatkan pertumbuhan dari pasar kendaraan listrik.

“Rencana awal investasi pabrik di Indonesia menjadi sebuah batu loncatan untuk memperkuat komitmen Hyundai dalam mendukung produksi BEV di Indonesia yang dimulai dari hulu hingga hilir demi masa depan mobilitas listrik yang lebihluas di masa mendatang,” Tulis Hyundai Motor Group.

“Hyundai Motor Group memberi dukungan untuk produksi battery pack performa tinggi serta fungsi keamanan terdepan, yang didukung oleh sistem manajemen terintegrasi berstandar global dari Hyundai,” lanjutnya.

 

Exit mobile version